Ultrabook = Netbook + Tablet PC ?

Persaingan di dunia IT emang ga ada abisnya. Tiap-tiap vendor berlomba-lomba melahirkan inovasi baru (waw, lomba melahirkan), seperti contohnya yang kemaren-maren gua bahas, yaitu Asus dengan Padfone-nya.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi dan komunikasi, tercipta kategori komputer baru, yang disebut Ultrabook. Ultrabook ini tercipta karena keinginan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang telah disebutkan di atas, secara lebih efisien dan efektif. 
Ini dia Asus UX21, Ultrabook pertama yang bakal dirilis. Harganya katanya dibawah $1000 loh!

Ultrabook sebenarnya lebih tepat disebut sebagai netbook. Dilihat dari performa dan fitur-fiturnya. Namun, saat ultrabook dilipat, akan terlihat seperti tablet, karena ketipisan dan keringanan yang disuguhkan oleh ultrabook tersebut.

Penggagas Ultrabook adalah Intel dan perilis produk Ultrabook pertama adalah Asus. Silahkan simak beritanya : 

Tipis banget kan? Setipis cintaku padamu. Anjrit!
TAIPEI, KOMPAS.com — Sejak dikembangkan beberapa dekade lalu, bentuk komputer telah mengalami evolusi beberapa kali. Desktop dan notebook mungkin yang paling dikenal. Belakangan muncul netbook, notebook ultraportable, all in one PC, dan terakhir Apple memperkenalkan tablet sebagai kategori baru yang makin populer.
Tak berhenti di situ, Intel pun coba menciptakan kategori baru bernama ultrabook. Sebutan ultrabook disampaikan Intel di ajang Computex 2011 di Taipei, Taiwan, yang digelar 31 Mei hingga 4 Juni 2011. Ultrabook merupakan sejenis notebook yang ringan, tetapi tetap dibekali kemampuan kinerja tinggi dan punya fitur seperti tablet. Harganya di bawah 1000 dollar AS.
"Bakal akan ada sedikit kebingungan jika Anda melihat bentuknya. Saat Anda membukanya yang terlihat adalah PC, tapi jika dibawa, tinggal tutup saja dan tiba-tiba menjadi tablet. Apakah ini PC, tablet, saya kira bukan tak perlu diperdebatkan," kata Mooly Eden, Vice President Intel, di Taipei, Selasa (31/5/2011).
Produk pertama yang akan dirilis ke pasar sebagai kategori ultrabook adalah buatan Asus dengan seri UX. Produk ini akan keluar ke pasar mulai musim liburan Natal dan Tahun Baru mendatang.
Tom Killroy, Senior Vice President Intel, mengatakan, ultrabook diciptakan sebagai perangkat untuk menyediakan respons sangat cepat. Perangkat tersebut dirancang selalu aktif, terus terhubung, dan lebih responsif, mirip dengan tablet yang banyak beredar saat ini, seperti iPad dan berbagai perangkat berbasis Android. Ia mengatakan, ultrabook bahkan diperkirakan akan mendominasi pasar laptop hingga 40 persen pada akhir 2011 ini.

        Menurut Prediksi, di tahun 2012, 40% konsumen akan beralih ke Ultrabook. Menurut gua, prediksi itu emang ada benernya. Sekarang banyak tablet bertebaran di mana-mana. Di toko komputer, di pameran gadget, di kamar gua (Amin). Tablet pc sebenarnya sudah bisa memenuhi kebutuhan multimedia kita, dengan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan (terutama iOS dan Android ya), dan ukurannya yang portable, cuma untuk urusan kerja dan sekolah kayanya belom gitu terpenuhi deh. Bayangin lah, bikin presentasi di iPad. Sakit ati ga ngetiknya pake virtual keyboard? Walaupun banyak tablet pc yang menawarkan inovasi docking keyboard, namun tetap aja ada perbedaanya. Tablet pc kalo menurut gua lebih mengarah ke multimedia.

Ultrabook yang seperti uda gua bilang, fiturnya kurang lebih sama kaya netbook, bisa jadi alternatifnya. Berfungsi sama kaya netbook, tapi bentuknya portable kaya tablet. Praktis digendong ke mana-mana. Kantongin juga boleh. Gigit juga boleh. Bakar aja sekalian. Nah, kalo mau mengetahui mengenai prediksi yang tadi gua sebutkan, baca di sini :

TAIPEI - Intel Corporation Executive Vice President, Sean Maloney menyatakan bahwa pada akhir tahun 2012, 40 persen konsumen laptop akan mencari komputer generasi baru yang handal bernama Ultrabook.

Generasi terbaru ini akan lebih lagi menggabungkan kinerja terbaik di kelasnya dan peningkatan kemampuan reaksi dan keamanan dalam bentukan yang ramping dan elegan.

Maloney menyajikan informasi mengenai perubahan signifikan yang dilakukan Intel dalam roadmap Intel CoreTM processor untuk mengakomodir kategori baru ini. Ia juga menegaskan kembali keinginan Intel untuk mempercepat laju inovasi prosesor Intel AtomTM berbasis system-on-chips (SoCs) untuk netbook, smartphone, tablet, dan perangkat pelengkap lainnya.

“Komputasi memiliki banyak bentuk,” kata Maloney, saat berpidato di Computex 2011, Taipei, Taiwan.

“Inovasi teknologi merupakan sebuah katalis dan kami percaya bahwa perubahan yang dilakukan Intel dalam roadmap-nya didukung kolaborasi erat dengan industri akan membawa perubahan menarik untuk komputasi personal dalam beberapa tahun ke depan,” katanya.

Ultrabook dibentuk dengan Hukum Moore dan teknologi silikon yang sama seperti PC tradisional 40 tahun terakhir ini. Generasi baru ini akan memungkinkan produk dengan desain yang tipis, ringan, dan menarik dengan ketebalan kurang dari 20mm (0,8 inci), dan harga mainstream di bawah USD1,000.

Sistem berbasis chip ini akan tersedia untuk di liburan musim gugur 2011, termasuk Ultrabook dari Asus, UX21.

 “Asus sangat sejalan dengan visi Intel dalam Ultrabook, “ ujar Pimpinan ASUS, Jonney Shih.

“Pelanggan kami menginginkan pengalaman komputasi tanpa kompromi dengan desain yang ringan dan sangat portable sehingga dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan cepat. Mentransformasi PC ke dalam perangkat yang sangat tipis, sangat responsif akan mengubah cara orang berinteraksi dengan PC mereka,” tandasnya. (tyo)
Pesan moral kali ini : "Ga, serius diem lu, ga, ga serius gua, serius diem lu, mulut lu kaya cewe ye!"

2 comments:

Unknown said...

wah, jadi pengen punya, makin modern semua makin tipis aja . .

Vincent B-Rabbit said...

sy juga pengen
hehe, kalo bisa semua sy beli
nmny jg manusia gaada puasnya...
wkwkkwk

Post a Comment

Blog Archive